Selasa, 08 Mei 2012

Perjalanan Haji....Daster oh Daster...

Tau kan yang namanya daster??...ini baju paling adem..paling pas dipake saat panas...(sambil crita sambil nggletak kipas2 dasteran..hihihi)...Dah ah..ini yang sriusnya nih...emang bener mau crita soal daster ... soalnya saat di tanah suci sana banyakkkkk banget mbak-mbak n ibu-ibu yang kemana saja, kapan saja pake daster..hehehe.
Trus emang knapa dengan pake daster any time every where?...kan jelas panas di sana n daster is the best?...hahaha.  Hanya sekedar berbagi, dulu waktu awal tahun 2011 dan mulai banyak sanak sodara handai tolan yg tau klo saya mau ke tanah suci adaaa aja yang crita..."jangan lupa bawa daster..enak..adem".."wah mbak, saya dulu sehari-hari slalu dasteran aja..ke masjid juga"..dlsb d.
Nah soal kemana-mana pake daster ini lo yang agak2 gimanaaa gitu...termasuk ke masjid lo ini.  Sebelumnya..maaf buat yang kebetulan baca...tidak perlu tersinggung klo berbeda pendapat dengan saya..it's just my opinion. 
Pake daster memang jadi terlihat Indonesia banget slama di sana, karena rata-rata daster kan motifnya sangat batik.  Slain bahannya emang pas, modelnya yang longgar itu juga bikin daster jadi pilihan aman n nyaman.  Tapi sodara-sodara....heiii..coba diingat-ingat...klo kita lagi di rumah, di Indonesia raya tercinta..kapan dan dimana kita dasteran??....jawaban umum...di rumah dong yah...di dapur atau mau bobo'...apa pernah ke kantor atau ke pasar/mall pake daster???...mungkin peluangnnya dari seribu belum tentu satu kali kejadian kluar rumah pake daster ^_^.  
Coba diingat..klo liat orang kondangan pake daster? atau lebaran dengan santai ikhlas berangkat sholat ied pake daster?..atau klo kalian liat ada orang ke kantor pake daster? atau  mau ketemu bosnya pake daster as the best dress ever??...jawab jujur aja...is it look nice??  Yakin banget saya..anggapan umum tentu akan bilang TIDAK.  Jadi tidak perlu berpanjang lebar...ini perjalanan haji lo..ke tanah suci..mau berkunjung ke baitullah...yang antrinya lamaaaa banget...nabungnya juga perlu waktuuu banget...kenapa harus daster??...lha kadang mau hadir undangan saja yang cuma 1 jam tampil itu ngk jarang kita sengaja bikin baju baru kan..:-)...
Selama di Madinah, saya beberapa kali melihat seorang ibu selalu berpakaian lengkap kebaya brokat full furing n jarik komplit seperti mau kondangan.  Klo diliat memang jadi 'beda' banget soalnya yang lain kan pake gamis dan busana muslim lainnya atau pake daster...Waktu itu, tiap liat bliau..saya dan seorang teman yang juga berpendapat sama ttg daster ini kerap komentar "subhanallah ibu itu mungkin ingin selalu memakai baju terbaiknya ketika ke mesjid"...dan baju terbaik versi beliau ya kebaya komplit itu tadi.  Mirip konsep mikir klo mau kondangan, bakal ketemu orang2...pakai baju terbaikmu..^_^
Jadi...apa tidak usah aja bekal daster?...ya ngk juga kali yah...kan bisa dipake selama di pondokan/hotel...klo kepepet n terburu2 (mungkin)..mau keluar pondokan atau ke pasar dekat pondokan misalnya..jangan lupa di double dasternya...demi 'keamanan' mata sekitar..hehehe.

Teringat seorang teman saat berkunjung ke rumah ketika saya sdh akan berangkat bercerita klo saat dia di tanah suci (setahun sebelum saya), dia merasa risih karena pernah mendengar asykar2 wanita yang berjaga-jaga di pintu masuk di Masjid Nabawi berkomentar .."daster ..jorok..Indonesia..jorok...daster..no".  Teringat kejadian itu pula dia berpesan betul agar saya tidak menggunakan daster saat ke mesjid .. sebaru apa pun, secantik apapun..it still is a daster. 
Sssttt..yang perlu diingat, ini hanya masalah kebiasaan...tidak terkait pelaksanaan ibadah...hanya niat untuk tampil lebih baik di hadapan Allah. So jangan terpancing berdebat..berkomentar yang klewat 'tajam' jika bertemu teman yang kebetulan daster-lovers...Istighfar..jaga hati..jaga lisan.  Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar